5 Cara Cepat Menghafal Pelajaran Materi Hafalan

B4school - Siapa yang sering mendapatkan tugas sekolah untuk menghafal? Untuk anak sekolah mulai jenjang TK, SD, SMP, SMA bahkan sampai perguruan tinggi tugas menghafal selalu saja ada. Pelajaran yang sering menuntut siswa dan siswi untuk menghafal antara lain pelajaran sejarah, PKN (Pendidikan Kewarganegaraan), Agama Islam, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia, dll. Maka dari itu perlu mengatahui Cara cepat menghafal pelajaran.

Sebenarnya hampir semua mata pelajaran mengharuskan siswa-siswinya teknik menghafal pelajaran. Contohnya, mata pelajaran matematika. Meskipun lebih dominan dengan baca, tulis dan hitung, tapi di tingkat SMP-SMA mulai banyak sekali rumus rumus yang harus di hafal. Bagaimana mungkin bisa mengerjakan soal matematika jika tidak hafal rumus untuk mengerjakannya.

Tapi ada mata pelajaran yang harus benar-benar hafal bukan sekedar satu dua kali dihafal lalu boleh lupa lagi. Mata pelajaran itu adalah pelajaran pendidikan agama. Misalnya pendidikan agama Islam, maka sisiwa-siswi yang beragama Islam dituntut untuk hafal ayat-ayat pendek Al Qur'an (minimal). Selain pelajaran agama Islam, mata pelajaran yang menuntut untuk dihafal adalah pelajaran sejarah.

Kendala umum yang dihadapi pelajar dalam menghadapi mata pelajaran yang lebih dominan dalam hal hafalan adalah bagaimana cara cepat menghafal hafalan? Apalagi jika waktu tes sudah semakin dekat, sementara materi hafalan masih sangat sedikit, panik bukan?

Baiklah, artikel kali ini, admin akan memberikan tips dan trik menghafal suatu materi hafalan dengan cepat. Tips dan trik berikut mungkin saja anda pernah dengar, tapi jika belum, anda sedang membaca artikel yang bermanfaat.

5 Cara Cepat Menghafal Pelajaran Materi Hafalan


1. Membaca Berulang-ulang

Semua tentu saja melakukan cara ini bukan? Tetapi, masih saja materi yang dihafal tidak masuk masuk. Maka, anda harus melakukan cara berikutnya.

2. Tempat yang tenang

Untuk bisa berkonsentrasi menghafal materi hafalan, maka harus bisa mendapatkan tempat yang tenang agar bisa fokus menghafal. Anda bisa memanfaatkan jam-jam dimana orang sedang tertidur lelap, atau mengasingkan diri ke dapur untuk sekedar membaca materi hafalan berulang-ulang di tempat yang tenang.

3. Dinihari atau selepas waktu subuh

Banyak orang-orang cerdas yang telah sukses dalam karir maupun hidup membagikan pengalaman kisah suksesnya, salah satunya, cara menghafal hafalan dengan cepat, adalah di waktu dinihari atau selepas waktu subuh. Menurut mereka, waktu tersebut sangat efektif untuk belajar dan menghafal karena otak kita masih fresh dan suasana disekitar masih tenang, sunyi, sepi dan sejuk.

Terkadang orang merasa nyaman belajar sembari ditemani musik. Tapi ketahuilah, hal tersebut tidak cocok saat belajar menghafal. Mengapa? Karena menghafal memerlukan konsentrasi penuh. Sementara benda-benda disekitar seperti televisi, smartphone dan music player justru malah bisa memecah konsentrasi dan menimbulkan kemalasan.

5. Ajak Teman, Kakak, Adik atau Orang Tua

Tujuannya adalah untuk langsung menjadi penilai atau anggap saja sebagai guru yang nantinya akan mengetes hafalan anda. Nanti, partner anda tersebut mencatat sejauh mana akurasi anda dalam menghafal. Jika tidak ada partner, maka gunakan audio recorder di smartphone dan rekam suara anda. Setelah selesai, bandingkan dengan materi hafalan anda, seberapa banyak kesamaan-nya dengan yang dihafal.

Penutup

Itulah 5 resep jitu cara cepat menghafal materi hafalan dengan cepat. Jika anda suda mempraktikan tips dan trik diatas, tidak ada salahnya untuk memberikan testimoni di kolom komentar, berhasil, atau masih gagal?.

0 Response to "5 Cara Cepat Menghafal Pelajaran Materi Hafalan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.