Bahaya Headset Untuk Kelangsungan Telinga Anda


B4school - Mendengarkan streaming musik dan menonton video dari smartphone atau apa pun itu memang paling nyaman menggunakan perangkat media tambahan berupa headset (earphone). Saking enaknya menggunakan headset, banyak orang yang ketagihan menggunakannya bahkan dengan suara yang kencang (volume maksimal). Tapi banyak yang tidak tahu Bahaya headset.

Memang jika kita mengenakan headset ini cenderung lebih praktis dan juga lebih baik dari segi suara yang dihasilkan. Tanpa adanya headset ini, suara yang dihasilkan akan sedikit pecah dikarenakan tidak terkoneksi langsung antara telinga dengan speaker tersebut.

Tapi, menggunakan headset terlalu sering memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Menggunakan headset terus menerus bisa membuat telinga rusak. Hal ini disebabkan suara keras dari musik yang berasal dari headset.

Menggunakan headset terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Apalagi jika volume yang masuk ke telinga melebihi 90 desibel (satuan untuk mengukur intensitas suara). Telinga kita tidak sanggup menanggung beban suara keras yang datang dari headset. Jadi, jangan terlalu kencang ya volume suaranya ketika mengdengarkan headset. Jangan juga terlalu sering mendengarkan headset. Pastikan telingamu diberi kesempatan untuk beristirahat ya!

Selain itu, frekuensi pemakaian yang terlalu lama bisa menimbulkan kerusakan telinga permanen, seperti pecahnya gendang telinga yang bisa menurunkan pendengaran bahkan tuli.

Sebaiknya anda memberikan jeda beberapa waktu supaya telinga bisa terbiasa dengan keadaan default. Jika tidak, ketegangan telinga akibat musik keras akan berlangsung sampai merusak telinga.

Headset yang digunakan memancarkan gelombang elektromagnetik tersendiri. Hal ini dapat memicu kerusakan otak yang disebabkan oleh radiasi dari headset.

Kebersihan headset juga perlu dijaga. Jika headset yang anda gunakan kotor, telingamu bisa saja menjadi infeksi. Sering-seringlah membersihkan headset anda agar tidak ada bakteri yang tumbuh. Sebaiknya juga jangan meminjamkan headset milik anda pada orang lain agar bakterinya tidak ikut berpindah. Jika telingamu sudah terasa gatal, cepat-cepat bersihkan headset.

0 Response to "Bahaya Headset Untuk Kelangsungan Telinga Anda"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.