Cara Efektif Mendidik Anak Agar Manut Sama Orang Tua

B4school - Anak adalah karunia, anugerah, sekaligus amanah dari Tuhan YME. Tanpa memiliki anak, sebuah rumah tangga terasa hambar dan kurang sempurna. Tidak sedikit pasangan suami isteri yang telah lama mengidam-idamkan memiliki seorang anak tapi belum dipercaya oleh Tuhan YME, Berbagai cara dilakukan demi mempunyai keturunan anak yang selama ini didambakan, mulai dari meminjam anak saudara untuk pancingan, mengadopsi anak orang lain sebagai jalan umpan, sampai yang terkini program bayi tabung. Tapi ingat! Jika sudah memiliki momongan, jangan lupa Mendidik anak.

Setelah punya anak, tidak sedikit orang tua yang kebingungan dalam mendidik anak. Dituruti semua keinginannya anak menjadi manja, tidak dituruti khawatir kebahagiaan anak menjadi terganggu. Apalagi jika sang orang tua memiliki prinsip agar jangan sampai anak tidak terpenuhi kebutuhan hidupnya seperti dirinya dahulu saat masih kecil.

Prinsip tersebut memang bagus, tapi tetap saja harus selektif dalam mendidik anak. Tujuannya agar anak bisa manut kepada orang tua dan tidak menjadi serba ketergantungan dengan fasilitas yang diberikan oleh orang tua.

Berikut cara mendidik anak agar nurut kepada orang tua :

1. Ayah dan Ibu yang kompak
Jika sang ayah sedang memberikan pendidikan kepada anak berupa teguran sampai hukuman, ibu harus mendukung keputusan sang ayah meskipun hati nurani ibu tidak tega. Mengapa? Karena anak pun akan berfikir bahwa kedua orang tuanya memiliki kepedulian yang sama terhadapnya.

Berbeda halnya jika sang ibu malah membela sang anak di depan sang ayah, maka sang ayah akan kehilangan wibawa dan anak akan menjadi manja kepada ibunya.

2. Tolak keinginan-nya yang tidak penting
Lazimnya, anak pasti meminta mainan dan uang jajan. Boleh kasih? Boleh, tapi batasi. Dengan menolak keinginan anak juga merupakan edukasi psikologis kepada anak untuk siap menerima penolakan dalam pergaulan, pekerjaan, dll ketika dirinya besar.

3. Penuhi keinginan-nya yang bermanfaat
Meskipun anak meminta banyak mainan, sebagai orang tua berhak membelikan anak mainan yang lebih relevan dengan usianya. Misalnya anak 3 tahun meminta dibelikan smartphone, turuti dengan membelikan-nya sepeda roda tiga misalnya agar dirinya bisa berinteraksi bersama teman teman-nya dan belajar menggunakan sepeda.

4. Liburan
Ajak anak berlibur dan menikmati suasan baru diluar rumah yang sehat dan edukatif. Ajak anak ke tempat wisata seperti kebun binatang, taman wisata, pantai, dll.

5. Uang Jajan Sesuai Pekerjaan-nya di rumah
Ini bukan menyuruh anak mengerjakan pekerjaan rumah, melainkan memberikan edukasi agar anak kelak bisa mandiri, minimal mencuci piring bekasnya sendiri setelah dia makan. Buat list pekerjaan wajib sang anak, dan berikan uang jajan dari setiap misi yang selesai dikerjakan-nya. Misalnya setiap tugas dihargai rp. 1.000, maka dalam 1 hari, berapa kali anak mampu menyelesaikan daftar tugasnya. Buat daftar tugas yang sesuai dengan umur sang anak, mislanya : mengerjakan PR, belajar ibadah, dll.

Itulah 5 tips dan trik agar anak nurut kepada orang tua, semoga bermanfaat. (ARP)

0 Response to "Cara Efektif Mendidik Anak Agar Manut Sama Orang Tua"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.