Ciri Akurat Orang Yang Sedang Berbohong dan Berupaya Menutupi Kebohongan-nya

B4school - Berbohong (pembohong) merupakan perbuatan sekaligus sifat tidak terpuji. Dengan berbohong, informasi, peristiwa, keadaan yang sebenarnya terjadi menjadi tidak relevan dengan realitanya. Bagaimanapun, apapun alasannya, bohong adalah penyakit hati yang jika sudah sekali saja berbohong, maka besok-besok akan terbiasa Berbohong lagi untuk menutupi kebohongan-kebohongan yang telah lalu.

Bohong diyakini merupakan perbuatan dosa dan tidak disukai oleh banyak orang. Pembohong pasti dijauhi teman, sahabat, sampai keluarga. Berbohong juga capek, karena indikasi kita sedang berbohong bisa dilihat dari gesture tubuh. Berikut adalah ciri pasti menandakan orang yang sedang berbohong :

1. Panik
Panik sudah jelas karena harus menutupi sebuah kesalahan dengan kebohongan (lazim terjadi). Apalagi, jika kesalahan itu mendadak diketahui orang lain, dan langsung menanyakannya kepada yang bersangkutan, maka, lihatlah ekspresi dan gesturenya panik.

2. Gugup
Setelah panik, gesture selanjutnya adalah gugup. Gugup biasanya ditandai dengan ucapan terbata-bata, atau badan gemetaran.

3. Melongo
Mungkin lebih tepatnya adalah bengong. Setelah panik, gugup, yang lumrah terjadi selanjutnya adalah bengong. Bengong bukan bengong kosong, melainkan memikirkan jawaban selanjutnya untuk menutupi kebohongan yang baru saja dilakukan.

4. Tidak berani menatap lawan bicara
jreng jreng jreng, siapa yang berani menatap lawan bicara jika sedang berbohong?

5. Tatapan kosong/tidak fokus/kesana kemari
Seandainya berani menatap lawan bicara saat berbohong, itu pun tatapan kosong, dan tidak fokus, mata berkedip-kedip lebih cepat atau tatapan lirik kanan kiri.

6. Mengalihkan pembicaraan
Jika sudah terjepit tidak bisa beralibi lagi, lazimnya orang yang sedang berbohong berupaya mengalihkan pembicaraan ke topik lain.

7. Keringat dingin
Ini kondisi alami saat seseorang berbohong. Bagaimanapun juga, hati kecil dan tubuh tidak bisa dibohongi saat seseorang berbohong.

8. Berbicara dominan
Ini karena sedang berupaya keras menyampaikan alibi dan untuk meyakinkan orang lain agar percaya dengan kebohongan-nya.

Itulah 8 ciri akurat orang yang sedang berbohong dan berusaha menutupi kebohongan-nya. Bagaimana, apakah anda pernah berbohong? anda pasti pernah merasakan hal-hal diatas saat berbohong bukan? (ARP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.