Ciri Orang Depresi Karena Frustasi

B4school - Pernah menghadapi atau bertemu orang depresi karena stres (frustasi)? Mungkin secara kasat mata tidak terlihat bahwa orang itu sebenarnya tengah depresi. Depresi bukan gila. Dan juga, depresi tidak seperti orang yang tidak waras. Depresi hanyalah suatu kondisi kejiwaan yang sedang terpuruk (down). Lazimnya, depresi biasanya disebabkan oleh tekanan yang bertubi-tubi. Orang yang mengalami depresi berpotensi mengalami gangguan kejiwaan lebih kronis dan berujung pada kegilaan.

Orang depresi harus segera ditolong agar tidak terus menerus terpuruk. Tidak mesti melulu harus langsung berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, melainkan dibantu oleh sahabat, teman, orang tua sampa pemuka agama pun bisa, tergantung sejauh mana dan apa yang menjadi penyebab terjadinya depresi kepada orang itu.

Dengan kehadiran sosok terdekat tadi, bisa membantu memulihkan kesehatan psikisnya agar berangsur lebih baik. Dengan cara apa orang terdekat bisa membantu? Paling ringan, adalah dengan mendengarkan semua unek-unek dan keluh kesah yang dia sampaikan. Cukup menjadi teman bicaranya, tanpa perlu ikut berbicara atau berkomentar alias menjadi pendengar yang baik. Biarkan dia mengeluarkan seluruh isi hatinya (seperti curhat gitu), walaupun dia meluap-luap dengan berteriak-teriak misalnya.

Tapi ketahui dulu tanda-tanda orang yang sedang depresi akibat frustasi? Umumnya, frustasi (stres) terjadi karena faktor ekonomi, asmara, pekerjaan, sampai kehidupan pribadinya. Berikut adalah tanda-tanda orang yang tengah mengalami depresi :

1. Murung
Sudah pasti dan lazim terjadi, orang yang sedang mengalami depresi akan lebih murung. Murung adalah sikap diam dan tdak banyak berbicara bahkan tidak mau berbicara sama sekali. Kepala sering menunduk, sering berdiri jarang duduk.

2. Gelisah
Meskipun tampak murung dan pendiam, tapi raut wajah dan gerak geriknya terlihat gelisah. Seolah seperti hendak berjalan, tetapi kembali lagi, mondar-mandir tanpa tujuan. Bangun dari posisi duduk, duduk lagi, diri lagi. Begitu berulang-kali dengan intensitas yang cukup sering.

3. Sensitif
Mudah tersinggung, marah, intonasi bicara meninggi, tapi ada juga yang cenderung lama terdiam, tapi sekalinya bicara, meluap-luap emosinya.

4. Menyendiri
Entah kenapa orang yang sedang depresi kebanyakan suka menyendiri. Entah karena tidak ada orang yang dapat dipercaya untuk diajak berbicara, atau memang sedang bad mood. Jika sudah sering menyendiri, harus semakin sering diawasi, khawatir nekad melakukan hal yang tidak diinginkan.

5. Kurus
Kurus akibat depresi terjadi karena tidak ada selera makan dan otak terus bekerja, sehingga berdampak pada kesehatan tubuh. Jika terus tidak berselera,maka potensi dihinggapi penyakit semakin tinggi. Bahayanya, penyakit magh atau magh kronis akan menghinggapi.

6. Tiba-tiba berubah suasana
Bisa mendadak tertawa terbahak-bahak, tersenyum sinis, bahkan seketika menangis. Jika sudah seperti ini, lebih baik segera bawa ke psikolog atau psikiater.

Beban hidup memang berat, tidak sedikit yang mengalami depresi sampai mengalami guncangan kejiwaan. Tetapi, ingatlah, bahwa Tuhan YME tidak pernah memberikan cobaan yang melampaui kemampuan hamba-NYA. (ARP)

0 Response to "Ciri Orang Depresi Karena Frustasi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel