Saat yang Tepat Untuk Menentukan Masa Depan Anak

B4school - Jarang sekali orang tua kepikiran atau memperhatikan masalah ini, yaitu kapan saat yang tepat untuk menentukan masa depan anak? Tidak sedikit orang tua yang kelabakan saat membantu sang anak mendaftar pekerjaan. Mengapa kelabakan? Karena persyaratan yang diminta begitu kompleks dan detail. Sementara profil curicullum vitae sang anak sudah mentok dan tidak bisa diulang. Alhasil, ada yang mencari jasa oknum untuk memuluskan mewujudkan cita-cita anaknya bisa bekerja sesuai minatnya. Menentukan masa depan anak.

Cita-cita anak sebenarnya sudah bisa diketahui sejak SD. Tanyakan saja pada anak mau jadi apa ketika besar nanti. Jika jawabannya ingin menjadi tentara misalnya, maka anda harus mulai mencari tahu persayaratan untuk bisa diterima menjadi tentara sejak sekarang. Meskipun saat anak besar nanti persyaratannya tidak akan sama, setidaknya sebagian orang tua sudah memiliki modal dan pengetahuan untuk membantu mewujudkan cita-cita sang anak.

Menentukan masa depan anak anda bukan hanya kembali pada keinginan sang anak, melainkan ada peran orang tua untuk membimbing dan mengawasi sejauh mana proses yang sudah, sedang dan akan dilalui oleh sang anak.

Ini penting, jangan sampai muncul penyesalan dikemudian hari karena kemalasan di masa lalu. Orang tua harus belajar dari pengalaman kegagalan hidupnya  semasa hidup agar hal serupa tidak terjadi kembali menimpa kehidupan sang anak di kemudian hari.
Setelah anda mengetahui apa cita-cita anak anda, maka anda setidaknya harus mempersiapkan hal ini :

1. Biaya Sekolah

Biaya sekolah sampai ke jenjang perguruan tinggi tidak murah. Meskipun banyak subsidi dan beasiswa, tetap saja kebutuhan sehari-hari sang anak saat menempuh pendidikan harus terpenuhi. Kurangi kebiasaan konsumtif dan membelanjakan uang untuk hal-hal tidak perlu, alihkan kelebihan rezeki yang anda punya untuk menabung demi masa depan anak anda.

2. Pencapaian Akademik Anak

Jika anak anda bercita-cita menjadi tentara misalnya, persyaratan yang diminta sangat kompleks dan detail. Misalnya, nilai rapor semua mata pelajaran dari SD sampai SMA minimal 6 atau 60. Maka, tugas anda sebagai orang tua adalah membimbing dan mengevaluasi sejauh mana nilai anak anda di sekolah. Anda sebagai orang tua wajib mengarahkan anak untuk fokus kepada cita-cita, maka jangan sampai anak anda malas dalam belajar dan malah mendapatkan nilai jeblok. Bahkan anda bisa memberikan pelajaran tambahan (les/privat) agar pengetahuan anak anda lebih luas dan nilainya diatas rata-rata.

3. Pencapaian Tumbuh Kembang Anak

Selain nilai di berbagai mata pelajaran (pengetahuan/kognitif), anda juga harus memperhatikan perkembangan fisik anak anda agar sehat jasmani dan rohani. Minimal, panca indera yang normal, tidak ada riwayat penyakit kronis serta tinggi badan dan berat badan anak anda dalam kondisi yang ideal atau proporsional. Selain itu, awasi pergaulan anak anda agar tidak terjerumus kepada perilaku menyimpang/tidak terpuji/tidak bertanggung-jawab.

Itulah 3 faktor penentu saat yang tepat untuk menentukan masa depan anak anda. Sebagai orang tua jangan sampai terlambat, apalagi tidak melakukan persiapan sama sekali. Setidaknya, jika anak kita berhasil meraih apa yang dicita-citakan olehnya, menjadi salah satu tanda keberhasilan kita juga sebagai orang tua. (ARP)

0 Response to "Saat yang Tepat Untuk Menentukan Masa Depan Anak"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.