Pentingnya Mengatahui Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Bagi Pegawai


B4school - Mengatahui Info bimtek pusdiklat pemendagri sangat penting bagi aparat pemerintahan dan korporasi demi mewujudkan terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan kompeten dalam bidangnya. Efektiftas, efisiensi dan responsibilitas salah satu yang harus dimilik oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar sejalan dengan visi dan misi kementrian, guna terwujudnya pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Daftar isi
Bagi Anda yang menjadi pengawai negeri, swasta dan pelaku industri tidak menutup kemungkinan saat melakasanakan tugas dan kewajiban setiap hari akan menghadapi banyak problem dan kesulitan.

Solusi terbaik untuk menunjang aktifitas dan menghadapi tantangan tersebut, serta menambah wawasan adalah dengan mengikuti kegiatan atau Jadwal Bimtek pusdiklat pemendagri secara rutin yang dilaksanakan.

Anda tidak perlu ragu, karena kegiatan ini dibimbing langsung oleh tenaga profesional terbaik, berkompeten di bidangnya masing-masing, dan memiliki segudang pengalaman.

Topik dan sasaran kegiatan pusdiklat pemendagri ini bermacam - macam. Jadi, pilihlah salah satu kegiatan yang sesuai dengan profesi Anda.

Sebagia pegawai, terutama Aparatur sipil negara, setidaknya mengatahui tentang pusdiklat pemendagri, mulai dari profil, visi misi dll.












Profil Pusdiklat Pemendagri

Pusdiklat pemendagri juga dikenal sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Nasional, adalah lembaga pelatihan (diktlat), lokakarya, dan bimbingan teknis (bimtek) dengan dukungan profesional yang kompeten di bidangnya dengan semangat persatuan dan persaudaraan.

Tujuan utamanya tentu saja adalah sinkronisasi antara kebijakan pemerintah dan industri sehingga program-program pemerintah dapat tercapai dan produktivitas sumber daya manusia (SDM) terus meningkat melalui berbagai kegiatan pelatihan, pelatihan dan motivasi. Singkatnya, Pusat Pelatihan dan Diklat Permendagri memiliki moto "Membangun Sumber Daya Manusia Bersama".
Pusdiklat Pemendagri adalah lembaga penyelenggara negara dibawah naungan kementrian dalam negeri (Kemendagri) yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan diklat, workshop, bimtek.

Selain itu 'Pusdiklat Pemendagri' juga fokus pada bimtek pengadaan barang dan jasa untuk pemerintahan, kaji banding, seminar dan in house training bagi instansi pemerintah baik itu eksekutif maupun legislatif.













Visi Misi Pusdiklat Pemendagri

Selain itu, perlu mengikuti Info terbaru dari berbagai lembaga pendidikan di Kementerian Dalam Negeri saat ini dan mungkin ada prospek yang baik untuk berkembang menjadi bagian dari pemerintah nasional Indonesia. Karier di dunia profesional tentu bukan hal yang mudah. Terutama bagi pegawai yang tidak memiliki banyak pengalaman di bidang ini. Untuk alasan ini, Penulis mencoba untuk memperdalam pengetahuan dan pengalaman sebelum menjelaskan ke pembahasan yang utama.

Misalnya, dengan bergabung dan mengikuti Bimtek (bimbingan teknis) sebagai Kementerian Pendidikan atau Pusat Pendidikan Publik di negara ini, tetapi apakah sudah tahu visi dan misi 'Info Bimtek Pusdilklat Pemendagri'? Berikut 'Visi Misi Pusdiklat Pmendagri'.

Visi

  • Mencerminkan suatu keinginan dan cita-cita digaris terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai pendorong perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke jalan yang lebih baik.
  • Serta cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan sebagai motivator untuk menjadi semakin baik dengan bersinergi bersama elemen penggerak lainnya.

Misi

  • Mendorong peningkatan kapasitas sumber daya melalui bimbingan teknis (Bimtek), pelatihan (Diklat), sosialisasi, dan mendorong peningkatan pendidikan serta pemahaman informasi.
  • Bersama-sama dengan masyarakat dan lembaga-lembaga lain berkontribusi pada penciptaan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat melalui konsultasi publik tentang setiap kebijakan yang akan diterapkan dan mendorong munculnya inisiatif, kreativitas, dan kemandirian masyarakat, serta meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan.












Lokasi Bimtek Pusdiklat Pemendagri


Lokasi info bimtek pusdiklat pemendagri selau terupdate setiap bulan untuk pejabat, sektor swasta, rumah sakit, universitas, dan lembaga apa pun yang perlu meningkatkan sumber daya manusia. Ini juga bermanfaat untuk program pemerintah di bidang popularisasi, terutama untuk praktik langsung di tempat kerja. Jadi, dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas aparatur publik, terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Tempat bimtek pusdiklat pemendagri tersebar di kota - kota besar Indonesia. Diantaranya:


  • Bimtek di Jakarta akan diselenggarakan di Hotel Ibis Style, beralamat jalan Gunung Sahari 1, Kel. Mangga Dua, Kec. Sawah Besar, Jakarta pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 14420.
  • Bimtek di Yogyakarta akan selenggarakan di Hotel Pesonna Malioboro, beralamah di Jalan Gadean No.3, Jalan Malioboro, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55122.
  • Bimtek di Batam akan diselenggarakan di Hotel Pacific Palace yang beralamat Jalan Duyung Sei, Kel Sungaj Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, 29432. 
  • Bimtek di Bali akan diselenggarakan di Hotel Eden Kuta yang berlokasi di jalan. Kartika Plaza 42, Kuta / Tuban, Bali, Indonesia, Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia, 80361.
  • Bimtek di Bandung akan diselenggarakan di Hotel Cemerlang yang berlamat di Jalan. HOS. Tjokroaminoto (PasirKaliki) No. 45, Pasirkaliki, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40171.
  • Bimtek di Makassar akan diadakan di Hotel Losari Beach, berlokasi di Jalan. Penghibur No. 10, Makassar City Centre, Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi. Sulawesi Selatan, Indonesia, 90111.
  • Bimtek di Surabaya akan diadakan di Hotel Quest, berlokasi di Jl. Ronggolawe 27 – 29, Tegalsari, Kota Surabaya,Jawa Timur, Indonesia, 60264.
  • Bimtek di Lombok akan diadakan di Hotel Santosa, yang beralamat di Jalan Raya Senggigi KM.8 , Senggigi Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Senggigi, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, 83355.


Untuk lokasi yang sulit dijangkau tetap akan dilayani oleh pihak Pusdiklat Pemendagri dengan melakukan Request ke kontak yang tersedia di situs resmi dengan biaya yang terjangkau.












Materi Bimtek Pusdiklat Pemendagri


Program Keuangan Daerah dan Informasi Material Bimtek - Bagaimana mengetahui kemampuan suatu daerah untuk mengelola dan mengelola keuangannya, yaitu sumber daya manusia mengelola sektor keuangan, atau bisa dibilang bahwa pembiayaan adalah salah satu faktor terpenting dalam menerapkan otonomi daerah. Dengan adanya kebijakan khusus di mana daerah memiliki kekuatan penuh untuk mengatur ekonomi mereka, politisi di setiap daerah berbeda satu sama lain. Kapasitas ekonomi suatu daerah diubah sedemikian rupa sehingga dibagi menjadi beberapa bagian. Yakni, daerah yang mampu menerapkan otonomi daerah terhadap orang miskin. Oleh karena itu, setiap aparatur negara harus dapat melakukan proses keuangan sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi pejabat sektor keuangan sesuai dengan bagian mereka, Pusdikla Pemendagri akan mengadakan Bimtek Keuangan di Kementerian Pendidikan. Pelatihan ini dilakukan beberapa kali dalam sebulan dengan sejumlah materi keuangan terpilih. Selain itu akan terfokus pada pelatihan pejabat lokal, baik provinsi, kabupaten, sub-wilayah dan desa serta dusun.
  • Persiapan Bimtek APBD 2019 berdasarkan Permendagri nomor 38 tahun 2018;
  • Perubahan Bimtek dalam pengelolaan keuangan desa sesuai dengan nomor lisensi 20 tahun 2018;
  • Sosialisasi Bimtek tentang ketentuan presiden nomor 10 tahun 2015 tentang dana alokasi umum daerah / kabupaten / kota dan transfer ke mekanisme alokasi anggaran daerah;
  • Administrasi dan perencanaan keuangan Bimtek untuk pengguna anggaran (PA), PPTK, PPK dan kasir;
  • Bimtek mengevaluasi laporan pertanggungjawaban dari otoritas publik (LAKIP);
  • Pedoman Bimtek untuk persiapan dan pengendalian Renja SKPD dan RKPD;
  • Bimtek untuk administrasi dan tanggung jawab untuk pembiayaan perkotaan;
  • Badan Layanan Umum Badan Manajemen Keuangan (BLU) Bimtek;
  • Manajemen keuangan daerah dan proses akuntansi Bimtek untuk administrator manajemen keuangan (PPK) dan perusahaan asuransi pajak SKPD;
  • Penganggaran Berbasis Sistem Bimtek;
  • Bimtek Persiapan anggaran daerah berdasarkan kompetensi (Pp No.71 / 2010 dan Permendario no. 64/2013);
  • Mekanisme Manajemen Hibah Bimtek (PMK nomor 191 / PMK.05 / 2011);
  • Bimtek Menyiapkan anggaran untuk lembaga pemerintah;
  • Bimtek Menyiapkan anggaran asli dan akhir daerah;
  • Perencanaan, manajemen, dan tanggung jawab Bimtek untuk otoritas pajak oleh otoritas regional
  • Tinjauan Bimtek terhadap anggaran daerah sesuai dengan Permendran nomor 4 tahun 2008;
  • Standarisasi Investigasi Keuangan Negara (SPKN) Bimtek;
  • Prosedur Bimtek untuk pinjaman luar negeri dan subsidi penggantian (PP No. 10 THN 2011);
  • Prosedur Bimtek untuk mempersiapkan RKA dan DPA untuk otoritas publik;
  • Prosedur Bimtek untuk perencanaan, implementasi dan tanggung jawab resmi untuk perjalanan berdasarkan Permendagri n. 16, 2013;
  • Bimtek Pengelolaan Keuangan dan Pertanggungjawaban Desa, dilengkapi dengan perolehan Aset dan Layanan Desa dan Audit Manajemen Keuangan Desa audit BPK;
  • Meningkatkan kapasitas layanan publik Bimtek dalam administrasi, akuntabilitas keuangan regional dan audit strategis dalam persiapan dan tanggung jawab manajemen keuangan
  • Manajemen Bimtek dari manajemen keuangan pajak dan upah daerah dan posisi pajak dari kewajiban untuk mendapatkan hak atas tanah dan konstruksi (BPHTB);
  • Prosedur Bimtek untuk menghitung pajak kontribusi, klaim untuk kerusakan dan jaminan kecelakaan di tempat kerja dan asuransi kematian untuk pejabat pemerintah yang mengandalkan PP No.70 pada tahun 2015;
  • Panduan Teknis Bimtek untuk Hibah dan Bantuan Sosial;
  • Aplikasi Bimtek untuk versi 2.7 dari program insentif keuangan Simda dalam unit kerja regional dan regional (SKPD);
  • Bimtek Verifikasi dan rekonsiliasi laporan pertanggungjawaban bendahara;
  • Prosedur Bimtek untuk administrasi dan persiapan laporan kasir dan permohonan pertanggungjawaban
  • Pelaporan dan akuntabilitas akuntansi Bimtek untuk Implementasi APBD.

Bimtek Keuangan


Materi ini khusus untuk pelatihan yang berhubungan dengan pengelolaan atau administrasi keuangan instansi pemerintah, swasata secara teknis dan terorganisir.

Sosialisasi dan Implementasi Permendagri Nomor 38 Thn 2018 terkait Pedoman Penyusunan APBD Thn 2019

Terkait dengan sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dengan pemerintah, maka terdapat 5 (lima) prioritas pembangunan nasional Tahun 2019 antara lain :

  1. Pembedayaan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan meningkatkan pelayanan dasar.
  2. Mengurangi kesenjangan antar daerah dengan memperkuat konektivitas dan kemaritiman.
  3. Meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui ndustri dan pertanian serta  jasa produktif.
  4. Melestarikan lingkungan dengan pemantapan ketahanan energi, sumber daya air dan pangan.
  5. Mensukseskan pemilu dan menstabilitaskan keamanan nasional.


Bimtek Pemerintahan daerah


Materi ini khusus untuk pelatihan dan pengembangan kemampuan yang berkaitan dengan bidang pemerintahan dengan tujuan agar pemerintah daerah mampu membuat perencanaan, evaluasi, pertanggung jawaban, serta tidak melanggar undang-undang.


  • Diklat/Bimtek Sosialisasi dan penjelasan tata cara pemilihan kepala daerah.
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Penyusunan program kegiatan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
  • Diklat/Bimtek Peningkatan Pemahaman Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Implementasi Undang-undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
  • Diklat/Bimtek Percepatan Persiapan Pelaksanaan Undang-Undang (UU) Desa.
  • Diklat/Bimtek Perencanaan Dan Evaluasi Kinerja Aparatur Pemerintahan Daerah.
  • Diklat/Bimtek Rencana Strategis (Rentra) pada Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD).
  • Diklat/Bimtek Arah Kebijakan Nasional Pembangunan Desa Dan Kawasan Perdesaan Dalam RPJMN 2015-2019.
  • Diklat/Bimtek Dana Desa Yang Bersumber dari APBN serta Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa.
  • Diklat/Bimtek Gerakan Pembangunan Desa Semesta (Gerakan Desa) Berbasis Kawasan Untuk Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan.
  • Diklat/Bimtek Harmonisasi Antar Bidang Urusan Pemerintahan Kabupaten/Kota Dengan Pemerintah Daerah Provinsi.
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di desa.
  • Diklat/Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa.
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa.
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Peningkatan Tupoksi Staf Ahli Dalam Mendukung Kinerja Pemerintahan Daerah.
  • Pelatihan/Bimtek Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).
  • Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Dengan Tema "MENUJU PEMILU 2019 YANG DEMOKRATIS DAN BERMARTABAT".
  • Bimtek Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017.


Bimtek Kepegawaian


Materi bimtek yang berhubungan dengan kedudukan, kewajiban dan hak, serta pembinaan pegawai yang bebas dari intervensi politik, praktik KKN.


  • Pelatihan/Bimtek Analisis Jabatan (ANJAB) Bagi Pegawai Negeri Sipil.
  • Bimtek/Diklat Sistem Mutasi Kepegawaian
  • Bimtek/Diklat Standar Kompetensi Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  • Bimtek/Diklat Penyusunan Analisis Beban Kerja (ABK).
  • Bimtek/Diklat Impementasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sesuai Dengan UU RI No. 5 Tahun 2014.
  • Pelatihan/Bimtek Standar Pelayanan Penggajian dan Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  • Pelatihan/Bimtek / Diklat Penilaian Prestasi Kerja PNS Dan Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).
  • Bimtek/Diklat Strategi Sikap Menghadapi Masa Pra dan Pasca Pensiun dengan Meningkatan Wawasan Keterampilan Bagi ASN (Aparatur Sipil Negara).
  • Bimtek/Diklat Audit Kinerja Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
  • Bimtek/Diklat Sistem Penilaian Kinerja, SKP, SOP dan Pengembangan Kompetensi ASN.


Penutup


Artikel Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri ini masih jauh dari kesempurnaa. Dengan ini kami menyarankan bagi pembaca untuk mengakses langsung website resmi Pusdiklat Pemendagri.

0 Response to "Pentingnya Mengatahui Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Bagi Pegawai"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.