Cara Mengobati Asam Lambung Paling Ampuh

 

Apakah Anda sering merasakan sakit di perut atau merasakan panas di dada? Jika demikian kemungkin memiliki gangguan pencernaan yang dikenal sebagai GERD. GERD mirip dengan refluks asam lambung. Tetapi meskipun keduanya meningkatkan asam lambung, refluks asam lambung dan GERD tidak sama. Asam lambung karena GERD bersifat kronis dan biasanya terjadi setidaknya lebih dari dua kali seminggu dan dapat dilanjutkan kapan saja. Lihatlah ulasan komprehensif tentang bagaimana cara mengobati asam lambung.

Apel


Apel mengandung kombinasi pektin dan glisin. Kedua kombinasi mengandung antasida dan membuat apel salah satu buah untuk menyembuhkan mulas. Apel juga dapat mengurangi mual, mulas dan mengurangi asam lambung berlebih pada pencernaan.

Teh chamomile

Teh chamomile sangat baik untuk orang yang menderita sakit perut. Diyakini bahwa teh ini mampu mengatasi asam lambung dan membuat fungsi lambung normal.

Chamomile juga dapat membantu menghilangkan gas di perut karena keasaman yang berlebihan. Cara menyiapkan chamomile untuk mengobati asam lambung adalah dengan menghisap chamomile dengan air matang yang sudah dimasak.

Jadi tunggu sebentar sampai lebih dingin dan segar. Jika Anda minum teh panas chamomile, itu sebenarnya dapat meningkatkan asam lambung dengan cepat

Jahe


Menjadi tanaman herbal  yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga efektif mengurangi asam lambung. Jahe memiliki efek perlindungan gastro yang dapat menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter Pylori. Selain itu, jahe juga akan merangsang produksi air liur dan memurnikan asam di kerongkongan. 

Kandungan fenolik jahe bertindak sebagai antioksidan, anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi dan menetralkan kadar asam lambung. Untuk membuat jahe panas, cukup campur jahe yang sudah pecah dengan air hangat. Sebelum dikonsumsi Anda juga bisa menambahkan madu. Makan jahe panas secara teratur akan membantu Anda menghilangkan mual dan memulihkan asam lambung.

Air kelapa


Air kelapa adalah salah satu minuman asam lambung yang baik untuk dikonsumsi. Air kelapa mengandung kalium tinggi, yang berguna untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Karena itu, kadar asam lambung lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko refluks asam lambung.
 
Lidah buaya


Dengan sebagian besar kandungan alami lidah buaya, menjadikannya salah satu tanaman yang dapat berguna untuk mengobati Penyakit maag.

Keefektifan lidah buaya untuk  lambung adalah fakta, lidah buaya juga dapat menyembuhkan bisul dengan mengurangi asam lambung, yang tiba-tiba meningkat, yang mungkin disebabkan oleh makan yang tidak teratur, stres dan panik. Kandungan alkali dari lidah buaya akan menetralkan dan mengurangi asam lambung yang naik. Sedangkan untuk lidah buaya yang ditransformasi, varietas sekarang juga dapat diubah menjadi jus atau campuran makanan.

Selain diambil sebagai jus lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk digunakan sebagai obat dan kecantikan, cara melembabkan dan mengatasi kulit terbakar (kulit terbakar oleh sinar matahari). Lidah buaya menstimulasi fibroblast yang menghasilkan serat kolagen dan elastin yang membuat kulit lebih elastis dan mengurangi keriput.

Licorice


Ambil akar Manis ( Licorice ) untuk memperbaiki gejala GERD yang menyakitkan. Akar salmon dalam bentuk teh tersedia di toko makanan kesehatan. Merendam akar licorice dalam air panas dan tidak menambahkan susu atau jenis krim lainnya dapat mengurangi ketidaknyamanan karena peningkatan asam lambung. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan akar akar manis, karena pada beberapa orang akar manis dapat meningkatkan tekanan darah.

Mentimun


Mentimun adalah sejenis sayuran yang bisa dimakan mentah atau diproses dengan cara memasak. Apa yang bisa dianggap untuk mengatasi asam lambung adalah sebagai berikut:
  • Cobalah untuk memilih mentimun muda dan segar
  • Ambil kira-kira. ¼ bagian mentimun dalam waktu 2 jam untuk mencapai hasil maksimal untuk mengatasi asam lambung
  • Jika Anda tidak suka dimakan langsung, mentimun dapat dipecahkan dan dicampur dengan yogurt dan sedikit garam dan merica. Metode ini akan lebih mempercepat penyembuhan asam lambung dibandingkan dengan konsumsi normal.
 
Baking Soda


Sodium hidrogen karbonat menonjol di antara obat yang paling efektif yang biasa digunakan untuk mengobati mulas dan mulas. Anda dapat menggunakannya sebagai bagian dari banyak kursus; Di sini, cara yang paling umum digunakan biasanya dijelaskan. Ikuti metode ini untuk menenangkan mulas.
  • Ambil setengah sendok teh soda kue dan campur dalam segelas air.
  • Aduk rata dan minum untuk mencegah mulas.
  • Ingatlah bahwa untuk menghindari makan soda, Anda mengalami efek negatif dari mulas standar karena tinggi untuk mengingat kandungan garam dan dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti peningkatan darah. tekanan, sakit dan bengkak.
  • Asupan normal pasti akan bekerja untuk membersihkan gangguan pencernaan dan membantu pencernaan yang lebih baik.

Kacang Hijau


Orang yang memiliki gangguan lambung, seperti Maag, harus benar-benar menjaga pola makan yang baik. Selain itu, perlu juga untuk menghindari berbagai makanan yang bisa memicu gejala penyakit lambung seperti mulas atau dada dan sakit kerongkongan.

Makan kacang hijau telah terbukti baik untuk orang yang memiliki luka. Bagaimana itu bisa terjadi?

Nah, kacang itu sendiri mengandung banyak serat. Setiap seratus gram kacang hijau mengandung 16 gram serat. Ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian hingga 64 persen.

Serat dibagi menjadi dua. Serat yang bisa dicerna oleh tubuh dan serat yang tidak bisa dicerna. Serat, yang bisa dicerna oleh tubuh, menarik cairan dari makanan yang dicerna. Cairan itu membuat makanan enak dan mengembang. Dengan penyerapan cairan Anda akan merasa lebih puas dan kenyang lebih lama. Ini akan memudahkan kerja perut Anda.

Kunyit


Kunyit adalah salah satu bumbu masakan yang memiliki banyak manfaat. Penggunaan kunyit dalam pengobatan sangat diperlukan untuk membantu mengobati asam lambung. Jadi benarkah kunyit asam lambung efektif?

Meskipun ada sedikit bukti bahwa kunyit dapat membantu asam lambung, tidak apa-apa jika Anda ingin mencoba kunyit untuk asam lambung. Kebanyakan orang bisa mendapatkan kunyit dengan baik dalam bentuk makanan dan suplemen.

Ada beberapa hal yang perlu diingat jika Anda berpikir menggunakan kunyit untuk asam lambung:

  • Untuk hasil terbaik gunakan kunyit dengan lada hitam atau pilih suplemen piperin.
  • Kunyit dapat bertindak sebagai antikoagulan. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit dengan antikoagulan atau pengencer darah.
  • Anda mungkin mengalami efek samping jika mengonsumsi kunyit hingga 1.500 mg atau lebih sehari.
  • Mungkin diperlukan beberapa minggu untuk melihat apakah kunyit membantu gejalanya. Jika gejala Anda tidak membaik atau bertambah buruk, hentikan penggunaannya dan hubungi dokter Anda.
  • Ingatlah bahwa keberhasilan perawatan dengan GERD tidak hanya bergantung pada obat yang dikonsumsi tetapi juga pada gaya hidup yang akan diubah. Misalnya, biasakan makan sedikit, tetapi sering tidak tidur terlentang setelah makan, berhenti merokok dan jangan menggunakan pakaian ketat untuk menghindari menekan area perut.
 
Marshmallow

Daun dan akar Marshmallow umumnya digunakan untuk mengobati mulas, diare, sembelit, radang perut, serta rasa sakit dan pembengkakan pada selaput lendir yang meregangkan saluran udara.

Marshmallow juga membentuk lapisan pelindung pada kulit dan saluran pencernaan.

Susu Segar

Susu Segar umumnya tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Ini karena susu sapi mengandung banyak lemak, sehingga lebih sulit untuk dicerna. Selain itu, kandungan lemak susu yang didinginkan juga dapat melunakkan katup atau kerongkongan dan membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

Jika Anda ingin terus minum susu, pilih susu atau susu skim agar lebih mudah dicerna. Dengan cara ini, sfingter esofagus tetap aman saat memegang asam lambung.

Pisang

Memungkinkan untuk mengobati asam lambung secara alami menggunakan pisang.

Pisang mengandung serat yang cukup tinggi yang baik untuk pencernaan dan dapat mengurangi produksi asam lambung berlebih karena kandungan antasida yang dikandungnya. Anda bisa makan langsung setiap hari dengan jus atau dibuat dengan tepung pisang. Tetapi jika Anda merasa penyakitnya memburuk, berhentilah makan pisang dan coba alternatif lain.


Mengatur Porsi Makan

Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan dalam beberapa kasus membuat Anda tertunda atau lupa makan. Padahal, salah satu penyebab asam lambung adalah diet teratur. Karena itu, penting untuk memperhatikan waktu makan. Selain itu, juga dianjurkan untuk menghindari aktivitas makanan dua jam sebelum tidur, karena ini dapat menyebabkan gejala asam lambung.

Tidak Memakai Pakaian yang Ketat pada Bagian Perut

Hindari mengenakan pakaian ketat di perut karena dapat menekan perut, menyebabkan perut naik di kerongkongan dan muntah. Agar lebih aman gunakan pakaian longgar.

Tidak Melakukan Gerakan yang Menkan Perut

Cara selanjutnya untuk mengobati asam lambung adalah dengan menghindari gerakan yang dapat menekan perut, seperti goyang atau melompat. Hal-hal penting yang harus diperhatikan jangan melakukan aktivitas berat setelah makan. Berikan 2-4 jam setelah makan.

Tidur yang Cukup

Insomnia ( Kurang Tidur ) dapat membuat Anda rentan terhadap stres. Kemudian manfaatkan waktu istirahat dengan cara terbaik dan posisikan posisi kepala lebih tinggi saat Anda tidur. Ini berguna dalam mencegah kemungkinan peningkatan asam lambung saat tidur.

Tidur dengan Posisi Kepala dan Dada lebih Tinggi

Cara lain untuk mengobati asam lambung adalah dengan meningkatkan tubuh bagian atas sehingga lebih tinggi daripada bagian bawah tubuh. Bagian tubuh yang penting untuk diangkat adalah kehidupan.

Makanan yang mengandung Vitamin B

Makanan yang mengandung vitamin B dapat membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Vitamin B, terutama vitamin B2 dan vitamin B6, dapat menekan produksi asam lambung. Metode ini juga direkomendasikan bagi wanita hamil untuk dapat menghilangkan gangguan lambung akut yang biasanya terjadi selama kehamilan. Beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi manusia seperti hati, berbagai jenis kacang-kacangan, bayam, salmon, tuna dan sarden.

Susu nabati

Susu nabati adalah minuman untuk asam lambung yang baik untuk dikonsumsi manusia. Jenis-jenis susu nabati yang dapat Anda pilih termasuk susu kedelai, susu almond dan susu mete. Sekarang Anda tinggal memilih susu sayur mana yang Anda sukai.

Susu almond, misalnya, mengandung sifat alkali yang dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala. Dari sisi Healthline, susu kedelai dianggap sebagai minuman asam lambung yang paling aman. Karena susu kedelai mengandung lebih sedikit lemak daripada susu jenis lain, susu kedelai dapat mencegah peningkatan asam lambung.

Jus buah

Buah buahan seperti jeruk, nanas atau apel tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Karena keasaman buah-buahan ini dapat meningkatkan keasaman lambung. Tapi itu tidak berarti kita tidak bisa makan buah atau minum jus buah. Sebelum membuat jus, Anda harus memilih buah atau sayuran dengan tingkat keasaman yang lebih rendah seperti wortel, bayam, mentimun atau lidah buaya. Selain itu, kita juga bisa membuat minuman buah segar yang aman untuk penyakit asam lambung, seperti bit, semangka, dan pir.
Smoothie

Kencur

Kencur yang memiliki nama Latin Kaempferia Galanga, memiliki banyak zat sitotoksik dan antibakteri. Oleh karena itu, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat kencur efektif sebagai obat alami untuk berbagai masalah pencernaan.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa kencur dapat mencegah erosi perut atau cedera akibat peradangan yang disebabkan oleh infeksi. Karena selain bersifat antibakteri, kencur juga dilengkapi dengan bahan antiinflamasi.

Di Indonesia, kencur sering digunakan sebagai bahan utama untuk produksi herbal dikombinasikan dengan air beras, asam Jawa dan gula merah atau gula Jawa. Anda juga bisa menambahkan garam, jeruk nipis, cengkeh, gula, kayu manis dan air. Begini caranya:

  •     Buat air beras terlebih dahulu, beras dalam air matang selama 4 jam. Kemudian airnya  terkuras.
  •     Kupas dan cuci sampai bersih.
  •     Aduk nasi sampai hancur, lalu tambahkan kayu manis dan minyak.
  •     Masak semua bahan-bahan ini dengan air pelunakan beras (atau air tawar biasa), tambahkan gula merah dan asam.
  •     Rebus selama 20 menit hingga mendidih, sesekali aduk.
  •     Anda bisa menyaring saus sebelum disajikan. Tambahkan jus jeruk nipis untuk membuatnya lebih segar.

Sangat baik untuk mengkonsumsi jamu kencur segera setelah bangun ketika perut masih kosong, atau kira-kira. 1 jam sebelum makan.

Kunyah permen karet

Ada berbagai jenis karet yang dijual di pasaran, tetapi ternyata tidak semua jenis karet memiliki manfaat yang sama jika dikonsumsi untuk mencegah peningkatan asam lambung. Jenis permen kunyah yang disukai adalah permen gula bikarbonat dengan kadar gula rendah yang dapat Anda temukan di apotek.

Seperti dijelaskan sebelumnya, tidak semua jenis permen karet dapat dikunyah untuk mencegah peningkatan asam lambung. Permen karet, meskipun merupakan produk favorit banyak orang, ternyata permen karet ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi manusia oleh penderita refluks asam lambung.

Makan mustard

Mustard penuh dengan mineral dan mengandung cuka, yang merupakan asam lemah. Mustard juga mengandung alkali sehingga mampu menetralkan asam yang terjadi akibat GERD. Cobalah mengonsumsi 1 sendok teh mustard ketika Anda mulai merasakan serangan gejala asam lambung.

Hindari Kebiasaan yang Tidak Sehat

Berbaring tepat setelah makan dan merokok adalah kebiasaan yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung di kerongkongan. Agar tidak meningkatkan asam lambung, perlu untuk menghindari kebiasaan ini. Jika Anda ingin berbaring, cobalah meninggalkan kamar selama 3 jam setelah makan.

Tidak Memakai Pakaian yang Ketat pada Bagian Perut

Hindari mengenakan pakaian ketat di perut karena dapat menekan perut, menyebabkan perut naik di kerongkongan dan muntah. Agar lebih aman gunakan pakaian longgar.

Tidak Melakukan Gerakan yang Menekan Perut

Tentu saja, Anda perlu berlatih untuk menjadi sehat. Namun, hindari melakukan gerakan yang dapat menekan perut seperti lompat atau goyang. Bahkan ketika olahraga harus dipertimbangkan, jangan lakukan ini ketika sudah selesai makan. Berikan interval kira-kira. 2-4 jam setelah makan.

Tidur yang Cukup

Di dalam tubuh manusia, ada sekitar 12 organ yang fungsinya saling mendukung dan saling berhubungan. Dari 12 organ tubuh, perut adalah tubuh yang terus berfungsi seperti jantung dan hati. Perut hampir tidak pernah beristirahat karena ini adalah organ yang aktif. Proses pencernaan makanan berlangsung enam hingga delapan jam sehari. Karena itu, tubuh ini harus dijaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah menjaga kebugaran fisik. Kita bisa melatih tubuh dengan tidur yang cukup.

Ketika tidur, sel-sel tubuh beregenerasi secara optimal. Selain itu, saat tidur, tubuh juga mengeluarkan senyawa yang berfungsi menetralkan stres saat kita bangun. Stres dapat memicu produksi asam lambung berlebih. Karena itu, tidur diyakini sebagai obat untuk berbagai penyakit, termasuk asam lambung. Tidur yang tepat juga dapat memiliki efek positif pada kesehatan mental dan fisik kita.

Cincau

Hati-hati, selama bulan kemelekatan banyak pasien dengan asam lambung turun kembali. Pencegahan dan pengobatan dapat mengkonsumsi cincau. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun Corophil Cincau dapat mengatasi perangan lambung. Lampiran itu teratur tanpa gangguan perut.

Kunyah permen karet

Apakah Anda memiliki penyakit perut asam? Meskipun Anda telah menghindari hal-hal yang membuat kondisi ini turun, asam lambung terkadang meningkat dan akhirnya menghancurkan aktivitas hari itu. Namun, katanya, mengunyah permen karet bisa mencegah peningkatan asam lambung. Apakah itu benar Untuk mencegah peningkatan asam lambung, sebuah studi dari Journal of Dental Research merekomendasikan mengunyah permen karet tanpa gula selama 30 menit setelah makan.

Hasil ini diperkuat oleh penelitian oleh Rebecca Moazzez dari Kings College London di Inggris, yang menyatakan bahwa jika Anda makan permen karet setelah 30 menit, Anda dapat mengurangi kemungkinan asam lambung naik di kerongkongan.

Ada berbagai jenis karet yang dijual di pasaran, tetapi ternyata tidak semua jenis karet memiliki manfaat yang sama jika dikonsumsi untuk mencegah peningkatan asam lambung. Jenis permen kunyah yang disukai adalah permen gula bikarbonat dengan kadar gula rendah yang dapat Anda temukan di apotek.

Bikarbonat bekerja dengan menetralkan asam yang naik ke kerongkongan. Jika Anda mengunyah permen karet yang mengandung bikarbonat, Anda tidak hanya akan meningkatkan produksi air liur, Anda juga akan menambahkan kadar bikarbonat dalam air liur. Jika kemudian bikarbonat memasuki kerongkongan, itu akan mencegah naiknya asam lambung.

Jika Anda masih mengalami refluks asam, meskipun sudah diobati seperti yang disebutkan di atas, prosedur bedah dapat dipertimbangkan dan direkomendasikan oleh dokter Anda. Prosedur bedah ini biasanya mengembalikan fungsi otot sfingter esofagus bagian bawah. Namun demikian, operasi belum dapat mengembalikan fungsinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.