Tips Merawat Kulit Secara Alami dan Tradisional


B4school.net Sejak zaman dahulu, ada berbagai metode yang diterapkan oleh wanita Indonesia untuk merawat kulit mereka agar tetap sehat, halus, lembut, dan segar bercahaya. Selain dengan make-up yang mahal kulit mereka secara alami dan tradisional jauh lebih baik dari pada itu. Sayangnya, di era modern ini, banyak wanita yang tidak sempat melanjutkan tradisi meracik ramuan tradisional untuk merawat kulit tersebut. Selain karena tidak punya waktu, banyak wanita modern menganggap ramuan tradisional terlalu kuno untuk mereka terapkan. Padahal, bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya sudah terbukti bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit tanpa efek samping berbahaya. Berikut Tips Merawat Kulit Secara Alami dan Tradisional yang perlu Anda coba.

Minum air putih minimal 2 liter per hari

 
Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun ada baiknya jika Anda mengonsumsi air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berapa gelas air putih yang Anda minum setiap harinya? Ada anjuran untuk minum 8 gelas air putih setiap hari, namun ukuran itu juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebutuhan asupan harian.

Cara terbaik merawat kulit yang pertama adalah dengan rajin minum air putih, minimal 2 liter per hari. Jumlah tersebut harus di luar asupan cairan yang berasal dari sayur maupun buah-buahan. Maka dari itu perlu kita memperbanyak minum air putih karena manfaatnya yang banyak. Seperti organ-organ lain di dalam tubuh kita, kulit terbuat dari sel-sel yang membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Dengan air, kelembaban kulit akan terjaga, air akan membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit, bisa membantu kulit jadi lebih awet muda; bisa membantu mengurangi masalah kulit seperti psoriasis, garis-garis halus atau keriput, dan eksim; membantu mengeliminasi racun dari kulit dan dalam tubuh, serta membantu meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan.

Berolahraga secara rutin minimal 5 hari dalam seminggu


Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Kesehatan olahraga adalah upaya kesehatan yang memanfaatkan olahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan. Banyak orang meyakini bahwa olahraga hanya berdampak positif pada kesehatan tubuh saja. Seperti kesehatan organ dalam, mulai dari jantung, paru-paru, hingga membantu meminimalisir penyakit dan meningkatkan imun tubuh. Padahal rajin bergerak atau berolahraga merupakan salah satu kunci kulit sehat.

Hindari stres


stres adalah salah satu sumber penyakit yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit paru-paru, dan sirosis hati. Lebih dari itu, stres bisa mempengaruhi seluruh tubuh mulai dari rambut, kuku, hingga kulit. Menurut ahli kesehatan, stres akan memicu respon kimia pada tubuh sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Hormon kortisol merupakan salah satu produk dari stres. Hormon tersebut bisa memicu kelenjar kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Jadi, jangan heran apabila ketika stress, kulit wajah Anda cenderung berminyak dan lebih mudah berjerawat.
 

Gunakan sabun muka natural


Sabun muka biasanya banyak yang tidak natural sehingga kesehatan kulit wajah kita sering sensitif terhadap bakteri. Berikut adalah resep atau cara membuat sabun muka alami yang sehat untuk merawat kulit agar cantik dan menawan.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

  • ✓. 3/4 cangkir teh chamomile yang sudah diseduh lalu disaring.
  • ✓. 1/4 cangkir sabun cair.
  • ✓. 1/2 sdt (sendok teh) minyak almond.
  • ✓. 3-4 tetes minyak vitamin E.

Lakukan eksfoliasi secara rutin


Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah, hal ini memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan kulit wajah agar wajah tidak terlihat kusam.Walaupun tubuh kita bisa mengangkat dan mengganti sel kulit mati sendiri ketika kita tidur, tapi sayangnya, tidak semua sel-sel kulit mati tersebut terangkat dari kulit. Itulah yang menyebabkan mengapa kulit wajah jadi mudah berminyak, terlihat kusam, berwarna lebih gelap dari seharusnya, serta sering bermasalah (berjerawat). Agar sel kulit mati bisa terangkat dengan sempurna, kita harus membantu mengangkatnya dengan cara melakukan eksfoliasi. Gunakan bahan-bahan natural seperti gula atau garam untuk mengangkat sel kulit mati maksimal 2 kali dalam sebulan. Garam laut kaya akan mineral dan nutrisi seperti magnesium, natrium, kalsium, dan kalium. Selain berguna sebagai exfoliator alami, garam laut juga bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan kulit, melindungi kulit dari berbagai macam penyakit, dan membantu memelihara kulit.

Pijat


Memijat wajah baik bagi kesehatan kulit. Ini merupakan bagian dari teknik kuno untuk menjaga kesehatan kulit. Pijat tradisional untuk merawat kulit Pijatan pada wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan sirkulasi darah yang lebih baik, secara efektif dapat memberikan nutrisi dan meremajakan sel kulit yang membuatnya nampak awet muda. Manfaat utama pijat adalah untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sehingga nutrisi dan oksigen bisa didistribusikan secara merata ke seluruh sel-sel, termasuk ke sel-sel kulit. Lakukan pijat secara rutin (seminggu sekali mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala untuk membantu memperlancar darah di dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan kulit.

Madu mentah


Anda pasti sudah tahu manfaat dari madu. Madu memang mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Madu mentah mengandung antioksidan yang disebut senyawa fenolik. Senyawa ini dapat bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular. Madu mentah merupakan bahan tradisional terbaik yang mengandung nutrisi, enzim, dan vitamin. Bermanfaat untuk meningkatkan keasamaan kulit serta berguna juga untuk melembabkan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, membantu melawan alergi dan ruam, memiliki kandungan antiseptik yang berkualitas, membantu menyamarkan bekas luka.

Tips untuk merawat kulit dengan madu mentah.


  • ✓. Sediakan 1 sdt (sendok teh) madu mentah.
  • ✓. Usapkan secara merata di bagian lengan dan kulit wajah.
  • ✓. Biarkan selama 10 menit.
  • ✓. Bilas dengan air hangat.
  • ✓. Lalu Keringkan.
 

Alpukat


Alpukat yang sudah matang banyak mengandung vitamin. Mulai dari vitamin A, D, dan E. Selain itu, alpukat juga kaya asam lemak omega-3. Alpukat bisa dimanfaatkan sebagai masker kulit yang berfungsi untuk membantu menutrisi dan menghidrasi kulit agar kulit jadi lebih halus, lebih kenyal, dan lebih bercahaya. Selain untuk masker buah alpukat juga bisa dimakan karena juga membantu kesehatan tubuh.

Air lemon

 
Buah lemon yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Berkat kandungan vitamin B, vitamin C, fosfor serta karbohidrat, lemon dapat mengobati jerawat, flek hitam dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik untuk mencerahkan kulit atau mengatasi noda-noda hitam di wajah penyebab muka terlihat kusam atau gelap, Anda bisa memanfaatkan air lemon agar tidak terlalu keras. Sebaiknya campurkan air lemon dengan air biasa, lalu terapkan di seluruh kulit wajah. Namun, penggunaan air lemon untuk memutihkan kulit tidak dianjurkan bagi kulit sensitif.

Tanaman lidah buaya
 
Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman berduri yang berwarna hijau dengan bercak kekuningan dan bentuknya agak meruncing di bagian ujung. Daun lidah buaya tidak bertulang, justru berdaging tebal dan banyak mengandung gel atau getah.Daging dan getahnyalah yang biasa diolah sebagai obat herbal atau produk kecantikan. Lidah buaya adalah tanaman serbaguna yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk skin care dan kosmetik. Mengingat berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya yang mengandung anti bakteri, memiliki sifat anti peradangan dan bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal-gatal atau ruam-ruam, merupakan bahan tradisional terbaik untuk merawat kulit dan berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti infeksi dan luka bakar.

Bengkoang


Di dalam bengkoang terdapat beberapa kandungan gizi penting antara lain mineral, fitonutrien, dan senyawa organik lainnya. Terdapat pula serat makanan, vitamin C, vitamin E, asam folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, dan sejumlah kecil protein nabati. Berikut ini merupakan manfaat penting pada bengkoang yang berguna baik untuk kesehatan tubuh. Sejak dahulu, sari bengkoang dikenal sebagai salah satu bahan alami terbaik untuk memutihkan kulit. Jika ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat, tentu wajib memasukkan bengkoang ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Adapun cara memanfaatkannya ialah:

  1. ✓.  Tumbuk halus atau parut bengkoang lalu ambil airnya. Anda juga bisa memanfaatkan blender jika tidak ingin repot.
  2. ✓. Usapkan air bengkoang tersebut ke seluruh kulit tubuh dan wajah
  3. ✓. Diamkan beberapa saat sebelum dicuci.

Salah satu vitamin yang banyak terkandung dalam bengkoang adalah vitamin C. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi ini, bengkoang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.
 

Mentimun


Mentimun atau yang sering kita sebut dengan timun punya beragam kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan air, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin A, biotin dan potasium mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit wajah berminyak, kering, dan sensitif.

Mentimun sangat baik untuk menjaga agar kulit tetap terlihat segar dan tidak kusam. Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi pigmentasi kulit serta membantu menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata atau yang lebih kita kenal dengan istilah mata panda.

Susu


Susu memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan kotoran minyak yang larut dengan bantuan enzim lipase yang larut dalam lemak, kotoran dari protein dengan bantuan protease, dan sel-sel kulit mati dengan asam laktat. Kulit Anda akan semakin lembut dan bersinar. Caranya yaitu dengan membasahi kapas dengan susu, lalu usapkan pada wajah. Setelah 5 menit, bilas dengan air. Selain itu juga bisa menghaluskan dua potong pepaya dan susu. Oleskan campuran tersebut di seluruh wajah dan leher. Setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin. Jika ingin memiliki kulit yang kenyal dan bebas kerutan, gunakan susu sebagai salah satu ritual perawatan kulit Anda.

Susu yang terkenal banyak mengandung vitamin D, sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen kulit. Selain itu Susu juga bisa mencerahkan kulit dengan merangsang peluruhan sel-sel kulit berpigmen.

Campurkan dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan dua sendok makan air hangat. Oleskan ke seluruh wajah. Setelah mengering, bilas dengan air hangat. Vitamin, mineral, dan protein yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit cerah dan bersinar.

0 Response to "Tips Merawat Kulit Secara Alami dan Tradisional"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel