Peran Penting Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini


Anak – Pendidikan anak memang harus diperhatikan sejak dini.  Pendidikan anak usia dini merupakan cara untuk membimbing, mengasuh, dan memberikan pembelajaran yang bisa menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak tersebut. Pendidikan anak hendak dilakukan sejak lahir hingga usia 8 tahun.

Proses pembelajaran dan pendidikan anak usia dini hanya perlu memberikan konsep yang bermakna melaui pengalaman yang nyata. Dengan pengalaman rasa ingin tahu anak akan timbul dan ingin mencoba.

Dizaman sekarang ini, mengajak anak untuk berfikir jauh kedepan dan mengetahui langkah kedepan meski hanya melihat merupakan hal yang mustahil bagi seorang psikologi. Tetapi dengan memberi pendidikan anak sejak usia dini memungkinan untuk membekali sang anak supaya memiliki pendidikan yang matang. Untuk mendapatkan pendidikan yang matang sejak dini yaitu belajar  dari lingkungan terdekatnya, yakni keluarga.

Peran Penting Keluarga

Keluarga merupakan suatu teman yang baik dalam kehidupan sehari – hari.  Selain itu, keluarga merupakan satu-satunya tempat anak – anak berlindung dan mempertahankan diri dari hal yang tidak diinginkannya.  Kemungkinan anak hanya bisa menilai mana yang menakutkan dan mana yang tidak. Seperti halnya, anak akan berpikir lebih baik jika pendidikan anak dalam keluarga juga baik.

Peran Keluarga dalam pendidikan Anak

Dalam pendidikan anak keluarga merupakan hal yang penting.  Disanalah pertama kali dasar-dasar kepribadian anak dibangun. Mereka harus diajarkan untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Pada intinya, potensi untuk membentuk pendidikan anak yang berkualitas harus dipersiapkan oleh keluarga.

Peran kedua orang tua dalam pendidikan anak usia dini

Peran kedua orang tua untuk pendidikan anak merupakan hal yang wajib. Untuk itu apa peran kedua orang tua dalam membentuk pendidikan anak usia dini?

Memberikan kasih sayang

Memberikan kasih sayang merupakan suatu pendidikan bagi anak. Dengan memberikan kasih sayang, anak bisa mempelajari bagaimana harus mementingkan satu sama lain. Harus kita ingant bersama Kasih sayang yang didapatkan anak yang sepenuhnya ialah dari keluarga.

Sebagai sahabat

Seperti sebelumnya keluarga merupakan tempat pertama kali kepribadian dan pendidikan anak dibangun. Jika ingin anak mempunyai teman yang tepat, maka jadilah sosok seorangyang sahabat yang bisa dipercaya. Dalam hal ini bisa membuat mereka untuk jujur sepenuhnya. Untuk itu jadilah pendamping di sisi mereka dalam segala stuasi baik susah maupun senang.

Menjadi guru

Guru terbaik ialah keluarga, kenapa?  Karena disaat anak terlahir kedunia maka keluarga lah yang mengajarkan anak untuk membuka mata dan menjelaskan apa yang dilihat sang anak. Hingga pada nantinya mereka beranjak dewasa, keluarga harus tetap menjadi hal yang terpenting untuk anak.

Menghakimi anak

Dengan menghakimi anak,  merupakan suatu pendidikan anak yang bagus pada usia dini. Karena anak akan diberikan pencerahan untuk membenarkan yang salah.  Anak tentunya belum punya pengalaman seperti anda, kemungkinan anak sering melakukan kesalahan karena ketidakpahamnya. Maka disini keluarga bertugas untuk menjadi hakim yang baik dan berikan mereka sebuah keputusan.

Membimbing anak

Membimbing akan merupakan hal yang peting dilakukan oleh keluarga. Membimbing anak merupakan hal yang sepele, karena tahap ini anak belum mengerti apapun sehingga mereka harus dibimbing dengan benar dan tidak  mengenalkan hal yang salah.

Mengontrol anak

Mengontrol atau mengatur anak merupakan suatu yang haruskan dalam pendidikan anak. Mengontrol anak merupakan hal yang wajib dilakukan keluarga sejak anak-anak masih usia dini. Sehingga pada saat dewasa mereka terbiasa dengan hal yang teratur. Mengotrol anak merupakan cara yang harus diterapkan dalam pendidikan anak usia dini.

Demikian penjelasan tentang peran penting keluarga dalam pendidikkan anak usia dini. Semoga bermanfaat!
 #appletreebsd

0 Response to "Peran Penting Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel