5 Manfaat mandi air dingin untuk kesehatan tubuh

Mandi adalah bagian penting dari rutinitas harian seseorang. Tidak hanya menyegarkan, mandi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh bersih dan terawat. Bagaimana jika mandi dengan air dingin? Dan apa manfaatnya?

Tahukah Anda bahwa air yang digunakan untuk mandi dapat memengaruhi kesehatan, salah satunya adalah air dingin. Mandi air dingin dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.


Berikut enam manfaat mandi air dingin untuk mata air kesehatan yang ambil dari liputan6, Minggu (28/7/2019).

1. Menurunkan berat badan


Dilansir dari harian medis, mandi dengan air dingin bisa membantu Anda menurunkan berat badan secara tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan adiposa, lemak putih dan lemak coklat.

Saat Anda mandi dengan air dingin, lemak cokelat di tubuh menghasilkan panas untuk menjaga tubuh tetap hangat. Menurut Joslin Diabetes Center, afiliasi Harvard Medical School, tubuh, ketika terkena air dingin, akan aktif dan meningkatkan kinerjanya untuk membakar kalori dalam tubuh.

Ini berarti bahwa mandi dengan air dingin dapat membantu mengurangi berat badan Anda. Seni mencuci tubuh dengan air dingin sambil mandi dan lemak baik di tubuh akan secara aktif membakar kalori dan menjaga tubuh tetap hangat.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Pelaporan Artofmaneness, menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1993 oleh Thrombosis Research Institute di Inggris, orang yang mandi dengan air dingin setiap hari akan mengalami peningkatan jumlah virus yang dapat melawan sel darah putih dibandingkan dengan orang yang memakai mandi air panas.

Ini karena ada peningkatan metabolisme sebagai hasil dari upaya tubuh untuk menghangatkan diri. Tubuh mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan melepaskan lebih banyak sel darah putih sebagai resistensi.

Air dingin dianggap meningkatkan sirkulasi dengan mendorong darah untuk mengelilingi organ-organ tubuh dan kemudian membantu melawan beberapa masalah kulit dan jantung. Ketika air dingin mengenai tubuh, kemampuan untuk mensirkulasikan pembuluh darah membuat pompa darah lebih efisien dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Mengencangkan kulit


Dilansir dari MSN, mandi menggunakan air dingin tidak hanya memberikan kesehatan yang baik tetapi juga membuat kulit lebih sehat. Air dingin dapat membantu mengurangi risiko kehilangan terlalu banyak minyak alami pada kulit Anda.

Selain itu, air dingin juga dapat mengencangkan kutikula dan pori-pori Anda, membuat kulit terlihat halus dan mendukung. Mandi dengan air dingin juga dapat membantu kulit terlihat lebih halus dan segar.

Jika Anda mandi di air dingin tidak perlu lagi menggunakan lotion atau pelembab agar kulit tidak mengering. Hal ini disebabkan sifat air dingin yang dapat mengurangi kulit terhidrasi dan mencegah pori-pori tersumbat.

4. Mengurangi stres


Dilaporkan dari pemeriksaan keberadaan, ketika tubuh mampu menahan diri dari menjadi dingin untuk waktu yang lama, tubuh akan membangun ketahanan fisik dan mental. Ketika tubuh dan pikiran Anda kuat, kemampuan Anda untuk melawan stres meningkat.

Saat dimandikan dengan air dingin, ada peningkatan kadar gluthathione dalam darah, yang bisa membuat antioksidan bekerja secara optimal di dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi stres.

Anda dapat merilekskan tubuh dengan berendam di pancuran dengan air dingin selama sepuluh menit. Selain itu juga bisa mencuci tubuh dengan air dingin saat mandi agar terasa lebih rileks dan tekanan pada otot-otot tubuh mulai menghilang. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami stres.


5. Meningkatkan energi


Dilansir dari abcactionnews, mandi air dingin di pagi hari membuat tubuh sedikit terkejut karena kedinginan. Namun, ini dapat meningkatkan detak jantung Anda untuk mendapatkan lebih banyak aliran darah secara optimal di dalam tubuh.

Mandi air dingin adalah solusi untuk meningkatkan energi secara alami, yang dapat meningkatkan produktivitas Anda. Setelah seharian beraktivitas, istirahatlah, cobalah mandi pagi dengan air dingin di pagi hari. Ini akan membantu menghilangkan kelesuan dari tidur di malam hari.

Namun, rasa dingin dari air dingin tidak dianjurkan untuk orang tua seperti orang tua dan orang dengan penyakit jantung yang buruk. Ini karena jarum suntik air dingin dapat menyebabkan mereka mengalami efek yang tidak baik untuk kesehatan, seperti pingsan mengalami serangan jantung.

0 Response to "5 Manfaat mandi air dingin untuk kesehatan tubuh"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel